Minggu, 10 Mei 2020

pengabis 11 mei

Nama : Anggi eviana sansa
(01219001)
Manajemen A1

UAS Pengantar Bisnis


1.Lingkungan Internal
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa faktor , yaitu ; Tenaga kerja (Man)
Modal (Money) , bahan baku (Material) , Peralatan/perlengkapan produksi (Machine) ,
Metode (Methods) . Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan kekuatan perusahaan, dan juga mengetahui kelemahan perusahaan.

  Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal adalah faktor-faktor perusahaan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi. Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan sosial ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja.

Lingkungan Eksternal sendiri terdiri dari :
a.Faktor ekonomi
Yang perlu dianalisis adalah:
Siklus ekonomi, gejala inflasi, dan deflasi kebijakan moneter serta neraca pembayaran.
b.Faktor demografi
Perubahan jumlah penduduk yang akan mempengaruhi permintaan, perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk yang sesuai perubahan umurnya, distribusi pendapatan dan tingkat pengangguran.
c.Faktor geografi
Faktor geografi juga penting diamati oleh perencana strategi, untuk menentukan peluang dan ancaman perusahaan.
d.Faktor teknologi
Perubahan teknologi membawa pengaruh terhadap perkembangan perusahaan.
e.Faktor pemerintah
Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambatan / ancaman bagi perusahaan.
f.Faktor sosial
Sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat,khususnya langganan dan karyawan

2. a.Etika bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.




  b. CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.

Penerapan nya seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

3.aCiri Ciri Badan Usaha/Perusahaan Perseorangan atau Individu:
- Relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
- Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
- Tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi     
- Seluruh keuntungan dinikmati sendiri

Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Persekutuan(Firma)
-Para sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan.
-Tanggung jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.

Ciri-ciri CV
-Sulit untuk menarik modal yang telah disetor.
-Modal besar karena didirikan banyak pihak.
-Mudah mendapatkan kridit pinjaman.
-Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas
-Relatif mudah untuk didirikan.
-Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu.

Ciri - ciri Perseroan Terbatas / PT / Korporasi
-Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi.
-Modal dan ukuran perusahaan besar.
-Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham.

B. Di Dalam sebuah perusahaan komputer , Terdapat Manajer/ Owner yang memegang penuh sebuah perusahaan , dibawahnya terdapat staff dan dibagi dalam beberapa bagian yaitu bagian sekertaris , bagian administrasi , customer servuce dan security. Semua bergerak dengan penuh tanggung jawab dan bekerja sesuai struktur










4. konseptual skill adalah kemampuan untuk mengkoordinasi serta mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi. Penerapannya Dengan pemahaman yang ada, seorang manajer tingkat tinggi dapat memahami kondisi bisnis secara keseluruhan dan mengambil tindakan yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.

Human skill adalah Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya.

Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin dan sebagainya


5. A. Perseroan Komanditer (CV)
   B.Perusahaan Perseorangan
   C.Perusahaan Terbatas
   D.Perusahaan Terbatas


6. Hasil pengamatan yang saya amati atas bisnis yang ada di sekitar saya adalah , terdapat bisnis yang bagus yaitu bisnis makanan atau kuliner yang didalamnya sudah terdapat manajemen dan struktur yang sudah sangat tertata. Yang menarik disini adalah dengan mengembangkan bisnis kuliner yang didapat dari sebuah bisnis juga . Jadi bahan baku yang dimasak untuk resto atau rumah makan , sudah ada di suatu bisnis yang sama atau dengan kata lain mempunyai sektor pertanian untuk memasak di resto tersebut. Yang dibantu pengembangan nya adalah dari segi promosi dan marketing supaya selalu ramai dengan pengunjung baik yang di luarkota maupun di dalam kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar